Monday, August 22, 2011

Cara setting name server domain

Domain dan hosting selalu memiliki keterkaitan. Jika diibaratkan hosting adalah tempatnya, maka domain adalah alamatnya. Alanat harus bisa mengarah ke hosting agar bisa ditemukan atau minimal dicari. Mungkin tidak masalah bagi kita yang membeli hosting dan domain dalam satu tempat (penyedia layanan web hosting) karena biasanya akan otomatis tersetting dengan sendirinya. Tetapi tidak begitu bagi kita yang membeli domain dan hosting dari tempat yang berbeda. Kita harus melakukan perubahan settingan pada name server domain agar domain kita bisa menuju ke hosting yang kita sewa dengan tujuan agar website kita bisa terload. Bagaimana cara setting atau mengubah name server domain ? Kali ini sobatpc.com akan membahasnya untuk anda.
Info Login Kontrol Domain
Apabila anda membeli sebuah domain, biasanya anda akan mendapatkan email tentang informasi login ke kontrol domain anda meliputi username serta password yang bisa anda pergunakan untuk login. Simpan baik-baik informasi tersebut karena sangat penting.
Untuk beberapa penjual domain seperti godaddy.com dan name.com tidak mengirimkan informasi login ke kontrol domain, karena data login sama dengan data yang anda masukkan ketika melakukan pendaftaran ke website tersebut.
Informasi Name Server
Jika anda membeli sebuah paket hosting, umumnya anda akan mendapatkan sebuah email yang berisi informasi login serta Name Server yang harus di pergunakan. Contoh informasi Name Server :
Dari contoh diatas, diketahui bahwa name server yang harus di masukan pada domain adalah :
NS1:  ns2151.hostgator.com
NS2:  ns2152.hostgator.com
Mengubah Name Server Domain
Bentuk kontrol domain seringkali berbeda-beda, oleh karenanya ID Tutorial hanya memberikan beberapa contoh saja :
Mengubah Name Server di rumahweb.com
Penjual domain di Indonesia umumnya banyak yang menggunakan kontrol panel yang sama dengan yang digunakan oleh rumahweb.com, dan mudah-mudahan kontrol panel domain anda akan sama juga. Berikut cara mengubah name server di rumahweb.com :
  1. Silahkan login ke kontrol panel domain anda. Umumnya alamat kontrol panel rumahweb.com adalah http://domcpanel.rumahweb.com
  2. Sorot menu Domains, lalu pilih List All Orders
  3. Klik sub menu Name Servers.
  4. Isi Name Server1 dengan NS1, contoh :  ns2151.hostgator.com
  5. Isi Name Server2 dengan NS2, contoh :  ns2152.hostgator.com
  6. Jika hosting yang anda beli mempunyai name server lebih dari dua buah, silahkan isikan sesuai urutannya.
  7. Akhiri dengan klik tombol Submit yang ada di bagian bawah.
  8. Selesai.
Itu saja, mudah bukan?
Setelah anda melakukan setting name server, kini pada hosting anda sudah bisa melakukan instalasi memasang software wordpress untuk blog anda. Namun, terkadang proses tersambungnya domain anda dengan hosting memerlukan waktu beberapa menit atau mungkin hitungan jam, jadi apabila belum terhubung silahkan bersabar untuk sementara waktu.
Mengubah Name Server di godaddy.com
Salah satu penjual domain terkenal untuk website luar negeri adalah godaddy.com, oleh karenanya berikut ID Tutorial berikan contoh bagaimana cara setting Name Server di godaddy.com. Ini hanya sebagai contoh saja, dan dianggap anda telah membeli domain disana.
  1. Silahkan login ke godaddy.com dengan username dan password akun anda.
  2. Jika anda belum pada posisi My Account, silahkan klik terlebih dahulu tab My Account
  3. Klik pada tulisan Advanced Details pada domain yang akan anda setting.
  4. Di sebelah kiri bawah ada untuk setting NameServers, klik pada Set Nameservers
  5. Akan muncul Form untuk mengisi Name Server. Isi Nameserver 1 dengan NS1, contoh : ns2151.hostgator.com. Isi Nameserver 2 dengan NS2, contoh : ns2152.hostgator.com
  6. Akhiri dengan klik tombol OK.
  7. Selesai.
Ah ternyata mudah yah :)
Kini anda sudah bisa mencoba untuk instlasi software wordpress pada hosting anda jika memang antara hosting dengan domain telah tersambung.
Tambahan
Banyak web hosting menawarkan paket yang diantaranya ada fasilitas addon domain, ini artinya anda dapat menggunakan satu paket hosting untuk beberapa domain (satu hosting di pake rame-rame). Tugas anda hanya menambahkan domain yang diinginkan pada fitur addon domain, kemudian anda setting name Server pada domain anda seperti yang diterangkan diatas.
Dalam melakukan setting pada name server, apapun kontrol panel yang anda gunakan, tidak usah bingung tujuh keliling, karena anda tinggal mencari tulisan Name server, dan biasanya itu untuk mengedit Name server :lol:
Share on :

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright Free Download | Software & Games | Full version 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all